Selamat datang untuk sobat-sobat yang sudi mampir di blog sederhana saya ini Semoga apa yang ada disini berguna bagi bro/sis ..

Minggu, 17 Maret 2013

[MUSLIM SHARING]˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ Menunda Kematian Dengan Bersedekah Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ ♥●•٠·˙


:: MENUNDA KEMATIAN DENGAN BERSEDEKAH ::

Hanya Allah sajalah yang mengetahui kematian seseorang.
Kisah ini terjadi pada jaman Nabi Ibrahim as, Beliau mempunyai seorang murid yang akan segera menikah. Tapi sebelum pemuda ini menikah , Nabi Ibrahim as ditemui oleh malaikat yang memberitahukan bahwa usia pemuda itu tidak sampai sehari lagi.
Bagaimana kisahnya, yuk kita simak bersama ..

Nabi Ibrahim as

Suatu hari Nabi Ibrahim as didatangi oleh salah satu muridnya, dan ia menceritakan bahwa ia akan segera menikah besok pagi.
Setelah berbincang sejenak, anak muda tersebut meninggalkan Nabi Ibrahim as.

Beberapa saat kemudian, Malaikat Maut mendatangi Nabi Ibrahim dan bertanya,

"Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim?" tanya Malaikat Maut.

"Yang anak muda tadi adalah sahabat sekaligus muridku," jawab Nabi Ibrahim as.

"Ada apa dia datang menemuimu?" tanya Malaikat Maut lagi.

"Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahan besok pagi," jawab Nabi Ibrahim as.

"Wahai Ibrahim, sayang sekali umur anak itu tidak akan sampai besok pagi," jelas Malaikat Maut.

Setelah berkata demikian, Malaikat Maut pergi meninggalkan Nabi Ibrahim.

Keesokan harinya Nabi Ibrahim as berjalan menuju rumah pemuda tersebut, dan alangkah terkejutnya Nabi Ibrahim melihat pemuda itu masih dalam keadaan hidup.
Dan pemuda itu akhirnya melangsungkan pernikahan dengan lancar. Nabi Ibrahim turut bahagia melihat muridnya menikah.

Walau senang, terbesit rasa sedih, rasa kasihan karena Nabi Ibrahim tahu bahwa kebahagiaannya tak akan lama. Namun apa yang terjadi berkata lain.
Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, Nabi Ibrahim as malah melihat anak muda ini panjang umurnya, hingga usia anak muda ini 70 tahun.

Nabi Ibrahim merasa penasaran, dan tak lama kemudian malaikat datang menemuinya.
Langsung saja Nabi Ibrahim menanyakan tentang keganjilan itu, karena Malaikat tidak pernah akan berbohong.

"Apa gerangan yang membuat Allah SWT menahan tanganmu untuk tidak mencabut nyawa anak muda itu dulu?" tanya Nabi Ibrahim.

"Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh dari kekayaannya. Dan ini yang membuat Allah memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda tersebut hingga engkau masih melihatnya hidup hingga sekarang," jelas Malaikat.

Kematian adalah di tangan Allah .. Memajukan atau memundurkan kematian adalah hak Allah semata ..

Diriwayatkan dari sahabat Amr bin Auf, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya sedekah seorang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani).

Wallahu a'lam bishawab

Pesan TS:
Entah kalian yang sudah membaca menganggap ini hanya sebuah dongeng belaka tapi cobalah mengambil sebuah hikmah dari sisi lainnya.
Sejak kecil guru ngaji sy bilang bahwa dengan, BERSILATURAHMI & BERSEDEKAH itu bisa memperpanjang umur, menambah rejeki, sedang apa yang ditulis diatas ada kaitannya dengan bersedekah.
Sudahkan kamu bersedekah hari ini? atau 1 bulan ini lah? belum jg? 5 bulan yang lalu mungkin?  jika belum juga nanti deh atau sekarang jg!! Bukankah 2,5% harta kita itu hak mereka? Masih susah juga untuk berbagi? Ok ga usah berfikir jauh dulu akan bisa memperpanjang umur, berfikirlah kalau sedekah itu ibarat orang menabung di bank. Jika kamu menabung memang uang kamu berkurang tapi itu karna kamu menyimpannya di suatu tempat yang aman. Sama juga dengan bersedekah, sebenarnya uang yg kamu berikan itu kamu titipkan kepada Allah, ketika sewaktu-waktu kamu butuh kembali uangmu yakinlah bahwa rejeki itu akan datang dari segala penjuru yang tak pernah akan kau duga sebelumnya, bisa juga dari sebuah pertolongan yang tak kau sangka.
Tiap hari kita masih bisa makan kan gan?, masih bisa tidur nyenyak? diluaran sana masih banyak orang yang tidak merasakan nikmat seperti yang kita dapat 



kalo mmg niat baik pengen nolong org laen itu
kalo ane musti ikhlas aja gan
gak pernah ngarep ini itu
umur panjang, pahala
dan surga.

He koment sedikit ya, bukan bermaksud menggurui. TS sendiri menyadari karena memang tingkat keimanan sy mungkin belum mencapai tingkatan "MA'RIFAT" contoh hal lainnya ketika kita sholat, bukankan kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk ikhlas melakukan ibadah bukan untuk dilihat orang lain tapi karena Yang Diatas, Ok itu sudah masuk dalam konteks ikhlas itu sendiri. Kemudian sehabis kita sholat apa iya kita langsung selesai begitu saja? ga berdzikir dulu, ga berdoa mengharap sesuatu? kita pasti masih minta, semoga diberi kesehatan, umur yg panjang, rejeki yang barokah, keturunan yang sholeh, mati secara khusnul khotimah dan masih banyak pengharapan yg kita ajukan. Sama juga ketika kita menolong orang lain dalam hati kecil kita mungkin masih mengharap, semoga kelak Allah membalas pertolangan sy ini dengan sebuah pertolongan lain kepada sy sendiri atau keluarga sy. Jd sy rasa konteks ikhlas sendiri itu sangat luas, iya kita melakukan tersebut ikhlas karena Yg Diatas, tapi juga tidak salah kita masih memohon sesuatu kepada Yang Diatas


sedekah itu harus ikhlas gan  ,,, masalah rejeki umur jodoh semua udah digariskan di lahul mahfuz gan CIIMW

Bener emang semua itu sudah diatur, tapi apa ya akan diam saja menunggu rejeki kita jatuh dari lagit? menunggu jodoh dirumah tanpa berkenalan, taaruf dsb?  tentunya ta lepas dari itu kita berusaha, berikhtiar dan berdoan kan gan?
Iya gan melakukan sesuatu harus ikhlas, tapi juga jangan sampai kita berhenti berharap, bahkan berdoa itu wajib hukumnya mengingat kita selalu butuh pertolongan, dan pengharapan Yang Diatas

Tidak ada komentar: